Berbagi Ilmu

“Jika sobat muslim mendapat tugas untuk memberi tausiyah singkat, sobat muslim bisa mendapatkan konsepnya dari sini dan sobat muslim juga bisa mendapatkan tausiyah singkat yang dikirim ke email sobat mulsim”. Mari Menuntut Ilmu!

Terjemah Bahasa

Statistik

Total Pageviews

Kamis, 12 Januari 2012

Adab Sebelum Dan Sesudah Melaksanakan Shalat Jumat


Perlu kita ketahui bahwa jumat adalah hari yang agung, hari yang sengaja dijadikan oleh Allah SWT sebagai tanda kebesaran umat islam dan di istimewakan untuk kaum muslimin dalam menyiarkan keagungannya.

Untuk itu perbanyaklah bacaan shalawat Nabi SAW pada hari jumat dan malam jumat, demikian juga memperbanyak sedekah pada hari jumat dan memperbanyak berbuat kebaikan, karena Allah SWT itu apabila mencintai seseorang selalulah orang itu ditunjuki untuk melakukan amalan-amalan yang utama pada waktu-waktu yang utama pula.

Sudah ga sabar yah… Baiklah! Berikut adab sebelum dan sesudah melaksanakan shalat jumat, diantaranya yaitu :

1. Disunnahkan mandi terlebih dahulu sebelum shalat jumat dah hal ini tidak mengapa jika dilakukan di waktu akan mau berangkat ke masjid, karena hal inilah yang terbaik. Agar kebersihannya masih tetap terjaga.

2. Disunnahkan mencukur rambut, memendekkan kuku, menggunting kumis, mengenakan harum-haruman, serta mengenakan pakaian terbaik (bersih dan rapih) yang dimiliki.

3. Berwudhulah dari rumah sebelum berangkat, karena Rasulullah SAW bersabda : “Siapapun yang memulai dari rumahnya menuju suatu masjid dengan mengambil wudhu akan mendapat pahala yang setara dengan pahala seseorang yang meninggalkan rumahnya dengan Ihram untuk Haji. Siapapun yang telah mempunyai wudhu kemudian meninggalkan rumahnya menuju masjid untuk shalat akan mendapat pahala setara dengan umrah. Jika orang ini tinggal di dalam masjid sesudah shalat dan menantikan shalat yang berikutnya, namanya akan dicatat dalam Illiyiin.” (Muslim)

4. Disunnahkan untuk pergi ke masjid seawal mungkin dan di waktu perginya itu, hendaklah bersikap yang khusyuk, merendahkan diri dan bersegera melaksanakan panggilan Allah SWT itu untuk melakukan shalat jumat.

5. Jangan melangkahi orang-orang yang sudah duduk lebih dulu dan jangan pula berjalan di depan muka mereka, inilah gunanya datang lebih awal.

6. Sesudah masuk ke dalam masjid, maka hendaklah shalat dua rakaat dahulu, sekalipun disaat itu imam sedang berkhutbah yaitu shalat sunnah tahiyatul masjid.

7. Disunnahkan mencari shaf (barisan) yang paling depan, karena lebih banyak keutamaannya yaitu “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang di shaf pertama, atau di beberapa shaf yang awal” (HR. Ahmad)

8. Hendaklah menghentikan pembicaraan sewaktu khatib telah berkhutbah.

9. Hendaklah menjawab azannya orang yang berazan dan selanjutnya terus mendengarkan khatib, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa berkata pada kawanya padalah saat itu khatib sedang berkhutbah, maka ia telah berbuat kelengahan dan barangsiapa berbuat kelengahan, maka tiada artinya jumat itu baginya”. (HR. Bukhari-Muslim).

10. Sesudah shalat jumat selesai, disunnahkan shalat sunnah dua rakaat yaitu shalat sunnah ba’diyah.
Demikianlah adab sebelum dan sesudah melaksanakan shalat jumat, mudah-mudahan dapat sobat praktekan yah, jika tidak hari ini, bisa dilakukan untuk hari jumat yang akan datang dan yang pasti lakukan setiap hari jumat..

Posted in Tusiyah Shalat Jumat | Tags : adab shalat jumat, adab sebelum shalat jumat, adab sesudah shalat jumat, shalat jumat, hari jumat.

Ebook Gratis! Memahami Bacaan Shalat Ebook Gratis! Bumbu Presentasi Ebook Gratis! Rahasia Bisnis Online Layanan Gratis! Mutiara Penyejuk Hati shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat Mutiara sempurna, penyejuk hati, mutiara hikmah, kata hikmah, obat hati, artikel islam, motivasi islam, kuliah online, ketenangan jiwa, ilmu, bisnis online, dakwah bisnis online, toko online, bisnis online gratis, internet bisnis online, peluang bisnis online, sukses bisnis online, rahasia bisnis online, trik-trik bisnis online, cara bisnis online, kiat bisnis online, tips bisnis online contoh presentasi, download ceramah, public speaking skill, contoh ceramah, ceramah maulid nabi muhammad saw, membuat presentasi, cara presentasi, ceramah singkat, download presentasi, presentasi yang baik, teknik presentasi, bahan presentasi, naskah ceramah, materi presentasi, presentasi menarik, permainan ice breaker, presentasi sukses stiker motor, jual stiker, stiker mobil, cara membuat stiker, desain stiker, gambar stiker, harga stiker, contoh stiker, stiker print, bikin stiker, cetak stiker, stiker laptop, stiker murah, bahan stiker, grosir stiker, modifikasi stiker, stiker keren, sticker Ebook Best Seller, Script Arisan, Script Binary, Script Email Marketing, Script Forced Matrix, Script HYIP, Script Iklan Baris, Script Investasi, Script Jual Beli eGold, Script Jual Beli Otomatif, Script Jual Beli Rumah, Script MLM, Script Reseller, Support System, Toko Online, Video Tutorial, Web Template dan Desain, Website Blog

Bacar juga tausiyah lainnya...



Ditulis Oleh : Kumpulan Tausiyah Singkat ~ Admin KTS

Tausiyah singkat Adab Sebelum Dan Sesudah Melaksanakan Shalat Jumat ini diposting oleh Kumpulan Tausiyah Singkat pada hari Kamis, 12 Januari 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca tausiyah singkat ini. komentar dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

dapatkan ini

Komentar Tentang Tausiyah Singkat ini :

Komentar Sobat KTS ada 3 comments Tentang “Adab Sebelum Dan Sesudah Melaksanakan Shalat Jumat”
Anonim mengatakan...
pada hari 

Terima kasih sudah diingatkan tentang adab shalat jumat.

Terimakasih Anonim Atas Kunjungan, Perhatian Dan Komentar Anda Pada Tausiyah Singkat Ini.
by Admin KTS
Akhmad Tefur mengatakan...
pada hari 

Bagi orang kantoran yang menjelang shalat Jumat tidak bisa mandi, maka saat mandi pagi niatkan juga untuk mandi Jumat. Cara mandi Jumat seperti mandi Janabat.

Terimakasih Akhmad Tefur Atas Kunjungan, Perhatian Dan Komentar Anda Pada Tausiyah Singkat Ini.
by Admin KTS
Kumpulan Tausiyah Singkat mengatakan...
pada hari 

@Akhmad Tefur : Syukron atas tambahannya.

Terimakasih Kumpulan Tausiyah Singkat Atas Kunjungan, Perhatian Dan Komentar Anda Pada Tausiyah Singkat Ini.
by Admin KTS

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca tausiyah singkat hari ini, Insya Allah bermanfaat..

Sekarang apa komentar sobat untuk tausiyah ini????

[[ Form Komentar Klasik Untuk Pengguna Handphone Klik Di Sini ]]

About Me

Berlanganan Tausiyah Singkat dari Blog ini Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Kategori Artikel

 

My Page!! Bergabunglah...

Buku Tamu

Followers

Created by El Fharizy Kh powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra Terimah Kasih Telah Berkunjung
Add Me on Your Facebook
Join My Page in Facebook!