Berbagi Ilmu

“Jika sobat muslim mendapat tugas untuk memberi tausiyah singkat, sobat muslim bisa mendapatkan konsepnya dari sini dan sobat muslim juga bisa mendapatkan tausiyah singkat yang dikirim ke email sobat mulsim”. Mari Menuntut Ilmu!

Terjemah Bahasa

Statistik

Total Pageviews

Selasa, 10 Januari 2012

Aneka Masalah Dalam Shalat Yang Perlu Diketahui

Sahabatku yang di rahmati Allah SWT, pada pembahasan tausiyah kali ini adalah aneka masalah dalam shalat yang perlu kita ketahui.

Ada beberapa masalah di dalam shalat yang perlu sobat ketahui, diantaranya yaitu :


A. Masalah Pertama

- Melakukan sedikit gerakan di luar gerak shalat, meskipun itu tidak membatalkan shalat akan tetapi hukumnya adalah makruh, kecuali jika memang mengharuskan untuk bergerak, seperti : Menolak orang yang hendak berjalan di depan kita, ketika kita sedang shalat.

- Menutup mulut ketika sedang menguap, tapi lebih bagusnya ditahan.

- Ketika bersin, maka hendaklah ia memuji kepada Allah dengan mengucapkan Alhamdulillah, dalam hatinya saja.

- Ketika bersendawa, maka janganlah mangangkat kepalanya ke atas.

B. Masalah Kedua

- Disunahkan jika seseorang itu berdiri di sebelah kanan imam dengan berada dibelakangnya sedikit, ini jika berjamaah dengan ma'mumnya seorang saja, akan tetapi jika ma'mumnya adalah seorang wanita, maka hendaklah berdiri tepat di belakang imam dan bagi ma'mumnya dua orang dengan satu laki-laki dan satunya lagi perempuan, maka ma'mum laki-laki tetap posisinya sama yaitu disebelah kanan imam dengan berada dibelakang sedikit dan untuk ma'mum perempuannya tepat di belakang ma'mum lelaki tersebut.

C. Masalah Ketiga

- Bagi ma'mum masbuq yang apabila mendapatkan akhir shalatnya imam, maka rakaat itulah yang dianggap sebagai awal dari shalatnya dan hendaklah menyelesaikan sisa rakaatnya yang tertinggal setelah imam selesai.

- Adapun bagi ma'mum masbuq shalat subuh yang memang mengikuti imam yang menggunakan qunut dan tertinggal raka'at, maka hendaklah di akhir raka'at shalatnya melakukan qunut kembali sendirian, meskipun tadi sudah ikut berqunut dengan imam.

- Bagi masbuq yang mendapatkan imam sudah berdiri, maka janganlah memulai shalatnya itu membaca doa iftitah, akan tetapi langsung saja membaca surat Al-Fatihah dan hendaklah membacanya dengan suara yang ringan.

- Jika masbuq yang mendapatkan imam sudah ruku' padalah ia belum selesai membaca surah Al-Fatihah, maka ia harus mengira-ngira bahwa ia dapat menyusul imam di waktu i'tidal dari ruku' nanti, maka baiklah Al-Fatihah diselesaikan saja, akan tetapi jika sekirangy tidak bisa memperkirakan, sebaiknya langsung mengikuti imam ruku', meskipun Al-Fatihah itu hanya sebagian saja yang selesai dibaca, tetapi sudah memenuhi seperti sempurnanya shalat dan gugurlah kewajiban membaca yang selebihnya itu dikarenakan ke masbuqannya.

- Jika masbuq tertinggal ketika imam sudah ruku', maka selain bertakbiratul ihram, ia juga harus bertakbiratul ihram sekali lagi untuk turun ruku', karena merupakan hal perpindahan yang diperhitungkan untuknya.

D. Masalah Kempat

- Barang siapa terlambat di karenakan alasan yang syar'i sehingga tidak sempat melakukan shalat zhuhur, sedang waktunya sudah shalat ashar, maka hendaklah bersembahyang zhuhur dulu setelah itu beru bersembahyang ashar, akan tetapi jika mendapatkan jama'ah, maka lebih baik bersembahyang ashar dulu, setelah itu baru bersembahyang zhuhur, karena shalat jamah adalah lebih utama.

Demikianlah aneka masalah dalam shalat yang perlu diketahui, dikarenakan terbatasnya waktu, maka aneka masalah ini dilanjut besok lagi yah... Semoga bermanfaat :)

Posted in Tausiyah Singkat Tentang Shalat | Tags: aneka masalah, masalah shalat, masalah seputar shalat, tentang shalat.

Ebook Gratis! Memahami Bacaan Shalat Ebook Gratis! Bumbu Presentasi Ebook Gratis! Rahasia Bisnis Online Layanan Gratis! Mutiara Penyejuk Hati shalat sempurna, shalat nabi, sholat nabi, shalat berjamaah, sholat berjamaah, shalat khusyu, sholat khusyu, tentang shalat, tentang sholat, bacaan shalat, bacaan sholat Mutiara sempurna, penyejuk hati, mutiara hikmah, kata hikmah, obat hati, artikel islam, motivasi islam, kuliah online, ketenangan jiwa, ilmu, bisnis online, dakwah bisnis online, toko online, bisnis online gratis, internet bisnis online, peluang bisnis online, sukses bisnis online, rahasia bisnis online, trik-trik bisnis online, cara bisnis online, kiat bisnis online, tips bisnis online contoh presentasi, download ceramah, public speaking skill, contoh ceramah, ceramah maulid nabi muhammad saw, membuat presentasi, cara presentasi, ceramah singkat, download presentasi, presentasi yang baik, teknik presentasi, bahan presentasi, naskah ceramah, materi presentasi, presentasi menarik, permainan ice breaker, presentasi sukses stiker motor, jual stiker, stiker mobil, cara membuat stiker, desain stiker, gambar stiker, harga stiker, contoh stiker, stiker print, bikin stiker, cetak stiker, stiker laptop, stiker murah, bahan stiker, grosir stiker, modifikasi stiker, stiker keren, sticker Ebook Best Seller, Script Arisan, Script Binary, Script Email Marketing, Script Forced Matrix, Script HYIP, Script Iklan Baris, Script Investasi, Script Jual Beli eGold, Script Jual Beli Otomatif, Script Jual Beli Rumah, Script MLM, Script Reseller, Support System, Toko Online, Video Tutorial, Web Template dan Desain, Website Blog

Bacar juga tausiyah lainnya...



Ditulis Oleh : Kumpulan Tausiyah Singkat ~ Admin KTS

Tausiyah singkat Aneka Masalah Dalam Shalat Yang Perlu Diketahui ini diposting oleh Kumpulan Tausiyah Singkat pada hari Selasa, 10 Januari 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca tausiyah singkat ini. komentar dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

dapatkan ini

Komentar Tentang Tausiyah Singkat ini :

Komentar Sobat KTS ada 0

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca tausiyah singkat hari ini, Insya Allah bermanfaat..

Sekarang apa komentar sobat untuk tausiyah ini????

[[ Form Komentar Klasik Untuk Pengguna Handphone Klik Di Sini ]]

About Me

Berlanganan Tausiyah Singkat dari Blog ini Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Kategori Artikel

 

My Page!! Bergabunglah...

Buku Tamu

Followers

Created by El Fharizy Kh powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra Terimah Kasih Telah Berkunjung
Add Me on Your Facebook
Join My Page in Facebook!